Rabu, 20 Agustus 2008

seNang bisa iktu peNeLitian

Kurang lebih 1 bulan pasca ujian meja, mengisi waktu untuk menunggu wisuda tiba yang masih 2 minggu lagi ternyata sangat membosankan. Awalnya saya berpikir untuk santai-santai saja menjalani hari. Ternyata lama-kelamaan, akhirnya saya diserang kejenuhan. Masuk kampus, trus Nongkrong di kaNtin, malam maen ke cafe D' Green, jaLan-jaLan ma teman2 atau bermalas-malasan di poNdokan. Hampir tak ada hal produktif yang saya lakukan selama masa waktu menunggu tersebut.

Kini, saya tak jenuh lagi. Akhirnya ada juga sesuatu yang produktif bisa kulakukan. Sekarang saya lagi siap-siap untuk melakukan penelitian/pendataan tentang penyandang cacat yang diselenggarakan Dept. Sosial kerjasama dengan PT. Survei Indonesia di Kabupaten Bantaeng. Pada penelitian yang akan berlangsung kurang lebih sebulan lamanya nanti, saya bekerja sebagai Adop (administrasi & operasional), namun ada gosip-gosip dari KorLap kalau Adop juga akan membantu Surveyor untuk melakukan pendataan di lapangan, agar penelitiannya bisa cepat rampung.

Kemarin, saya baru saja mengikuti pembekalan beserta teman-teman Adop lainnya di sekret pusat, tepatnya di Jl. Baji Ati, Cendrawasih. Lumayan, wawasanku jadi bertambah. Ternyata ada banyak kriteria serta jenis-jenis penyandang cacat.

Di pembekalan tersebut, saya baru tahu kalau penelitian ini bertujuan untuk melakukan pendataan terhadap para penyandang Cacat di Sulawesi Selatan. Berhubung, akan ada program atau bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah, dalam hal ini Dept. Sosial kepada para penyandang Cacat. Untuk itu, dibutuhkan data yang lengkap tentang mereka, agar program yang nantinya akan dilakukan Depsos bisa tepat sasaran.

Dalam waktu 1 atau 2 hari ini, saya akan memulai penelitian bersama 6 orang tim. Sementara ini sedang di urus izin penelitian dan basecame oleh KorLap. Ketika semuanya rampung, kami akan langsung turun ke lapangan. Rasanya senang sekali bisa sibuk-sibuk lagi. Apalagi bisa nambah duit bulanan dari fee penelitian. Yah....walaupun fee yang akan didapat dari penelitian ini nda banyak-banyak amat, saya sudah sangat bersyukur. Daripada ga ada kerjaan ..hehehehehe..

Bantaeng adalah kabupaten yang lumayan tidak asing bagi saya. Sudah tiga kali saya pernah kesana. Pertama kali pada bulan oktober 2003. Saat itu ada kegiatan Adaptasi Himpunan Sosiologi. 2 minggu lamanya saya di sana. Berikutnya sekitar pertengahan bulan1 2005 selama 4 hari dan terakhir pertengahan bulan 2 selama seminggu dalam rangka kegiatan Short Course Keorganisasian Bem Fisip UH.

Yang sedikit menantang dari kegiatan tersebut nantinya yaitu, saya akan menjalani puasa di lokasi penelitian. Moga saja sambil menjalani puasa, penelitiannya juga bisa jalan dan lancar.

Tidak ada komentar: