Senin, 04 Agustus 2008

akhirNya SarjaNa juga ..

Tak terasa, terNyata sudah eNam tahun saya jadi mahasiswa. Meninggalkan kampung halaman Kota Bau-Bau haNya untuk meLanjutkan studi d Universitas Hasanuddin. enam tahun bukan waktu yang sedikit.
jika waktu yang sy habiskan untuk kuliah dipakai untuk bekerja di kampung, mungkin saja saya sudah punya sejumlah tabungan, atau mungkin saja saya sudah punya penghasilan sendiri hingga tidak bergantung lagi kepada orang tua. saya jadi berpikir, kenapa enam tahun yang lalu, saya tidak memilih untuk cari kerja saja? kenapa harus memilih untuk melanjutkan sekolah seperti saudara-saudara saya? di Unhas lagi!
terkadang terlintas penyesalan akan pilihan ku untuk sekolah di PT. apalagi, saat-saat pertama menjadi mahasiswa, ketika mendapat perlakuan dari senior-senior di kampus yang menyambut kami dengan sejumlah cacian yang diselingi beberapa kali tamparan, pukulan dan peloncohan! hehehe, saya tiba-tiba jadi ingat masa-masa ospek di kampus.
namun, lambat laun penyesalan tersebut tergantikan dengan perasaan bangga menjadi mahasiswa. apalagi mahasiswa Unhas, yang cukup memiliki predikat baik di kampung.
seiring berjalannya waktu, pengalaman baru mengisi kehidupan ku. mulai dari rutinitas kuliah di ruang kelas, ikut-ikutan berorganisasi sampai nongkrong di kioridor kampus bersama teman-teman. suasana yang mungkin saja tidak saya dapatkan jika enam tahun lalu saya akhirnya memilih untuk cari kerja, tidak memilih lanjut sekolah.
sebenarnya, dari 6 tahun waktu yang aku habiskan di kampus, hanya empat setengah tahun saya terhitung aktif kuliah. karena 1 semester tidak aktif kuliah pada semester delapan dan 1 tahun diskorsing (semester 9&10) akibat melanggar ketertiban kampus menurut dosen ku di sospol. jadi boleh dibilang, saya nda lama-lama amat kuliah. hehehehe..
waduh, lama-lama jadi ngawur nih tulisannya.
yang mau saya bilang lewat tulisan ini, akhirnya saya bisa juga menyelesaikan studi di Jurusan Sosioloigi Fisip Unhas. selesai dengan hasil ujian skripsi nilai 'A' (maaf kalau sedikit sombong) hehehehe..



Tidak ada komentar: