Kamis, 30 Oktober 2008

Halal Bi Halal ; kegiatan yang mesti dilakukan setiap tahun.

Halal Bi Halal ; kegiatan yang mesti dilakukan setiap tahun.

Sudah enam tahun lebih saya berada di kota makassar, namun baru kali ini saya bertemu dengan banyak orang Buton di makassar. Untung saja ada acara Halal Bi Halal Kerukunan Keluarga Indonesia Buton (KKIB) dan mahasiswa Bau-Bau – Buton makassar bersama Walikota Bau-Bau bapak Amiril Tamim, di hotel Singgasana tanggal 27 kemarin.
Di moment tersebut, akhirnya saya banyak bertemu dengan orang Buton yang bekerja dan bertahun-tahun bermukim di makassar. Saya juga bertemu dengan banyak mahasiswa Bau-Bau – Buton yang sementara kuliah di sini, baik yang kuliah di Unhas, Umi, 45, Unm dan Universitas lainnya. Dari cerita-cerita dengan teman-teman yang hadir pada acara tersebut, mereka rata-rata sangat merindukan suasana yang seperti itu. Bisa kumpul dengan orang-orang Buton di makassar, apalagi bisa bertatap muka dengan orang tua atau keluarga Buton yang ada di makassar.
Di halal bi halal tersebut, Amirul Tamim sebagai walikota Bau-Bau banyak bercerita tentang kondisi pembangunan di Bau-Bau saat ini dan mengungkapkan beberapa rencana yang akan dilakukan oleh pemerintah Bau-Bau selama periode jabatannya. Ia juga banyak berpesan kepada para mahasiswa yang sementara studi di makassar agar serius menuntut ilmu di kota orang, dan kelak jika sudah selaseai studi tidak berpikir semua untuk ramai-ramai pulang kampung dan berharap menjadi PNS, sebab pemerintah tidak mempu menampung semua alumni mahasiswa makassar untuk menjadi pegawai negeri.
Di Bau-Bau, memang profesi PNS masih menjadi pekerjaan yang diharapkan oleh banyak pencari kerja. Mungkin saja karena jaminan hidup yang dijanjikan pemerintah kepada PNS menjadi alasan bagi para pencari kerja untuk tetap memilih jadi PNS sebagai pekerjaannya. Padahal ada banyak hal yang bisa dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan hidup selain menjadi PNS. Namun, tetap saja masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa pegawai negeri adalah pekerjaan yang paling baik dan paling jelas jaminan untu masa depan seseorang.
Kembali ke acara halal bi halal, memang acara seperti itu sangat penting untuk dilakukan secara kontinyu, karena kegiatan seperti itu dapat menjaga hubungan silaturahim diantara sesama orang Buton di perantauan juga menjadi kekuatan sosial sebuah komunitas perantauan Buton. Hanya saja, keinginan untuk kumpul dan berbagi cerita dan pengalaman sesama orang Buton baik mereka yang tua ataupun yang muda masih kurang. Hanya beberapa orang saja yang memiliki inisiatid untuk selalu bertemu. Buktinya, selama 6 tahun saya di makassar, baru kali ini bisa berkumpul dengan banyak orang buton di makassar.

Tidak ada komentar: